SEGI
EMPAT AJAIB
v Tujuan
Permainan ini bertujuan untuk mengajarkan konsep:
- mengasah otak
- penjumlahan
v Sasaran
SD kelas III
v Alat dan Bahan
Alat
- spidol
- penggaris
- gergaji
Bahan
Bahan yang digunakan dari triplek atau mika berwarna (putih, kuning)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
v Aturan permainan
Letakkan
angka dari 1 sampai dengan 12 kedalam segi empat sehingga total sepanjang
setiap sudutnya adalah 22
v Kunci permainan
I.
1
|
7
|
12
|
2
|
8
|
|
11
|
|
10
|
5
|
||
3
|
9
|
6
|
4
|
II.
1
|
11
|
7
|
3
|
12
|
|
8
|
|
5
|
9
|
||
4
|
6
|
10
|
2
|
PENGUBINAN
IDENTIK
Ø Konsep matematika : pokok bahasan pengubinan kelas IX SMP
Ø Tujuan
: siswa dapat menyebutkan
sifat-sifat dua segitiga yang
kongruen
Ø Aturan :
o
Susunlah segitiga yang sewarna
menjadi bangun yang identik (sebangun) dengan bangun datar
o
Semua segitiga harus termuat
dalam bangun datar
LINGKARAN AJAIB
TUJUAN
Melatih kejelian siswa tentang perpotongan
2 lingkaran
SASARAN
Permainan ini digunakan untuk anak SD dan
SMP
ALAT dan BAHAN
- Karton
- Jangka
- Spidol
- Penggaris
- Gunting
- Lem
PETUNJUK PERMAINAN
v Letakkan bilangan 1, 2, 3, …………, 12 pada setiap perpotongan dari 4
lingkaran yang telah disediakan, sedemikian hingga jumlah bilangan-bilangan
pada setiap lingkaran sama.
v Jika hal ini dapat dilaksanakan maka lingkaran ini disebut lingkaran
ajaib.
GAMBAR ALAT PERAGA
Kunci Permainan Lingkaran Ajaib
Contoh Permainan
Ø Letakkan bilangan 2, 3, 9, 11, 10, 4 pada perpotongan dengan
lingkaran warna hijau
Ø Letakkan bilangan 1, 3, 6, 12, 10, 7 pada perpotongan dengan
lingkaran warna merah
Ø Letakkan bilangan 1, 2, 5, 12, 11, 8 pada perpotongan dengan
lingkaran warna kuning
Ø Letakkan bilangan 7, 4, 5, 6, 9, 8 pada perpotongan dengan lingkaran
warna biru
Ø Jumlahkan bilangan-bilangan pada perpotongan dengan lingkaran warna
hijau
Ø Jumlahkan bilangan-bilangan pada perpotongan dengan lingkaran warna
merah
Ø Jumlahkan bilangan-bilangan pada perpotongan dengan lingkaran warna
kuning
Ø Jumlahkan bilangan-bilangan pada perpotongan dengan lingkaran warna
biru
Ø Ternyata setelah dihitung didapatkan jumlah keempat-empatnya sama
yaitu 39.
Keterangan :
2 + 3 + 9 + 11 + 10 + 4 =
39
1 + 3 + 6 + 12 + 10 + 7 = 39
1 + 2 + 5 + 12 + 11 + 8 = 39
7 + 4 + 5 + 6 + 9 +
8 = 39
SEGITIGA AJAIB
TUJUAN
Siswa dapat meningkatkan penalaran yang logis
Siswa dapat memahami konsep matematika ( perkalian dan pembagian )
Memotivasi siswa untuk berfikir secara cepat dan tepat serta
sistematis
SASARAN
Permainan ini digunakan untuk siswa SD kelas 3-6
TEKNIK PERMAINAN
Permainan ini
digunakan untuk mencari rumus luas persegipanjang serta penurunan dari rumus
tersebut. Sedangkan langkah-langkah dari permainan ini adalah :
v Garis vertical yang membagi bagian-bagian itu menunjukkan suatu
perkalian
v Garis horizontal yang membagi bagian-bagian itu menunjukkan suatu
pembagian
CONTOH
Jika kita ingin mencari rumus panjang dari suatu persegipanjang kita
tinggal menutup bagian papan yang bertuliskan P dengan bangun yang telah
disediakan, maka kita akan menemukan rumus panjang dari persegipanjang, dengan
cara kita lihat papan yang tetap terbuka dengan operasi sesuai dengan ketentuan
di atas.
Sehingga P = L
l
Tidak ada komentar:
Posting Komentar