Minggu, 29 April 2012

Pengembangan Media Pembelajaran Matematika


SEGI EMPAT AJAIB


v  Tujuan                            
Permainan ini bertujuan untuk mengajarkan konsep:
  1. mengasah otak
  2. penjumlahan

v  Sasaran               
SD kelas III


v  Alat dan Bahan  
Alat
  1. spidol
  2. penggaris
  3. gergaji
Bahan
Bahan yang digunakan dari triplek atau mika berwarna (putih, kuning)


















v  Aturan permainan         
Letakkan angka dari 1 sampai dengan 12 kedalam segi empat sehingga total sepanjang setiap sudutnya adalah 22













v  Kunci permainan
I.
1
7
12
2
8

11
10
5
3
9
6
4

II.
1
11
7
3
12

8
5
9
4
6
10
2


PENGUBINAN IDENTIK


Ø  Konsep matematika    :  pokok bahasan pengubinan kelas IX SMP
Ø  Tujuan                         :  siswa dapat menyebutkan sifat-sifat dua segitiga yang     kongruen
Ø  Aturan                         :
o   Susunlah segitiga yang sewarna menjadi bangun yang identik (sebangun) dengan bangun datar
o   Semua segitiga harus termuat dalam bangun datar



 








 






























LINGKARAN AJAIB


TUJUAN

Melatih kejelian siswa tentang perpotongan 2 lingkaran

SASARAN

Permainan ini digunakan untuk anak SD dan SMP

ALAT dan BAHAN

  1. Karton
  2. Jangka
  3. Spidol
  4. Penggaris
  5. Gunting
  6. Lem

PETUNJUK PERMAINAN

v  Letakkan bilangan 1, 2, 3, …………, 12 pada setiap perpotongan dari 4 lingkaran yang telah disediakan, sedemikian hingga jumlah bilangan-bilangan pada setiap lingkaran sama.
v  Jika hal ini dapat dilaksanakan maka lingkaran ini disebut lingkaran ajaib.

GAMBAR ALAT PERAGA




 


























Kunci Permainan Lingkaran Ajaib


Contoh Permainan


Ø  Letakkan bilangan 2, 3, 9, 11, 10, 4 pada perpotongan dengan lingkaran warna hijau
Ø  Letakkan bilangan 1, 3, 6, 12, 10, 7 pada perpotongan dengan lingkaran warna merah
Ø  Letakkan bilangan 1, 2, 5, 12, 11, 8 pada perpotongan dengan lingkaran warna kuning
Ø  Letakkan bilangan 7, 4, 5, 6, 9, 8 pada perpotongan dengan lingkaran warna biru
Ø  Jumlahkan bilangan-bilangan pada perpotongan dengan lingkaran warna hijau
Ø  Jumlahkan bilangan-bilangan pada perpotongan dengan lingkaran warna merah
Ø  Jumlahkan bilangan-bilangan pada perpotongan dengan lingkaran warna kuning
Ø  Jumlahkan bilangan-bilangan pada perpotongan dengan lingkaran warna biru
Ø  Ternyata setelah dihitung didapatkan jumlah keempat-empatnya sama yaitu 39.
Keterangan :

           2 + 3 + 9 + 11 + 10 + 4 = 39


 
           1 + 3 + 6 + 12 + 10 + 7 = 39
           
           1 + 2 + 5 + 12 + 11 + 8 = 39


 
            7 + 4 + 5 + 6  + 9   + 8 = 39

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 







SEGITIGA AJAIB


TUJUAN

Siswa dapat meningkatkan penalaran yang logis
Siswa dapat memahami konsep matematika ( perkalian dan pembagian )
Memotivasi siswa untuk berfikir secara cepat dan tepat serta sistematis

SASARAN

Permainan ini digunakan untuk siswa SD kelas 3-6

TEKNIK PERMAINAN

Permainan ini digunakan untuk mencari rumus luas persegipanjang serta penurunan dari rumus tersebut. Sedangkan langkah-langkah dari permainan ini adalah :
v  Garis vertical yang membagi bagian-bagian itu menunjukkan suatu perkalian
v  Garis horizontal yang membagi bagian-bagian itu menunjukkan suatu pembagian

CONTOH

Jika kita ingin mencari rumus panjang dari suatu persegipanjang kita tinggal menutup bagian papan yang bertuliskan P dengan bangun yang telah disediakan, maka kita akan menemukan rumus panjang dari persegipanjang, dengan cara kita lihat papan yang tetap terbuka dengan operasi sesuai dengan ketentuan di atas.



 
 




Sehingga P = L
                         l

Tidak ada komentar:

Posting Komentar