Kamis, 12 April 2012

Contoh RPP Matematika Kelas VIII


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            :   Matematika             Kelas / Semester          :   VIII/1
Jenjang                        :   SMP                        Alokasi Waktu            :    6 x 40 menit

====================================================================
A.   Standar Kompetensi
       1.   Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi dan persamaan garis lurus

B.   Kompetensi Dasar
       1.1.   Melakukan operasi bentuk aljabar

C.   Indikator
       1.1.1.   Menyelesaikan  operasi  tambah, kurang pada bentuk aljabar
       1.1.2.   Menyelesaikan operasi  kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar

D.   Materi Ajar
       1.   Faktorisasi suku aljabar

E.   Tujuan Pengajaran
      1.   Siswa  dapat  mengartikan  koefisien,  variabel, suku satu, suku dua dan suku tiga dalam
            variable yang sama atau berbeda
  1. Siswa dapat menyelesaikan operasi tambah,  kurang, kali  dan  pangkat dari suku satu, suku dua.
  2. Siswa dapat menyelesaikan operasi pembagian dengan suku sejenis atau tidak sejenis

F.   Sumber dan Media Pembelajaran
      1.   Buku Sumber 
      2.   Buku Kerja Siswa

G.   Strategi Pembelajaran

       Pertemuan Pertama :

       ▫   Model Pembelajaran    :   Pembelajaran langsung
       ▫   Metode Pembelajaran  :   Demonstrasi, tanya jawab, tugas
       ▫   Pendekatan                  :   CTL

1.      Pendahuluan  ( 10 menit )
      ◦   Apersepsi   :   Mengingatkan  kembali  dasar  dari  matematika,  banyak sekali huruf- 
                                 huruf yang dipakai sebagai simbul atau variabel.
      ◦   Motivasi     :   Apabila   materi  ini  dikuasai  dengan  baik  oleh  siswa,   maka   akan 
                                 bermanfaaat dalam menyelesaikan soal-soal.

2.      Kegiatan Inti ( 60 menit )
      ◦   Melalui peragaan guru mengingatkan kembali bentuk-bentuk aljabar dengan contoh-
           contoh yang melibatkan koefisien, variable  suku satu, suku dua dan suku tiga dalam
           variable yang sama atau berbeda
      ◦   Beberapa orang siswa mendemonstrasikan di depan kelas  menunjukkan  mana  yang
           Merupakan koefisien,  variabel,  suku  satu,  suku  dua  dan suku tiga dalam variabel 
           yang sama atau berbeda.
      ◦   Melalui peragaan guru mengingatkan kembali dasar dari penjumlahan, perngurangan
                  dan pangkat dari suku satu, suku dua
      ◦   Beberapa  orang  siswa  mendemonstrasikan di depan kelas menunjukkan mana yang
           merupakan koefisien, variabel, suku satu, suku dua
      ◦   Siswa mengerjakan beberapa soal yang diberikan oleh guru
      ◦   Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
      ◦   Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes







19





3.      Penutup ( 10 menit )
      ◦   Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
             ◦   Memberikan tugas rumah

       Pertemuan Ke dua  :

       ▫   Model Pembelajaran    :   Pembelajaran langsung
       ▫   Metode Pembelajaran  :   Demonstrasi, tanya jawab, tugas
       ▫   Pendekatan                  :   CTL

1.      Pendahuluan  ( 10 menit )
      ◦   Apersepsi   :   Mengingatkan   kembali  dasar  dari  perkalian,  kemudian  lawan  dari
                                 perkalian adalah pembagian
      ◦   Motivasi     :   Apabila   materi   ini  dikuasai   dengan  baik  oleh  siswa,  maka  akan 
                                 bermanfaaat dalam menyelesaikan soal-soal

2.      Kegiatan Inti ( 60 menit )
      ◦   Membahas tugas rumah
      ◦   Guru  mengulang  kembali  bentuk-bentuk  aljabar  dengan  koefisien, variable, suku
           satu, suku dua, suku tiga dalam variabel yang sama atau berbeda.
      ◦   Guru menjelaskan bagaimana operasi tambah, pengurangan,  perkalian  dan  pangkat
           dari suku satu, suku dua
      ◦   Beberapa   orang  siswa  mendemonstrasikan di depan  kelas  mengerjakan soal yang
          diberikan oleh guru.
      ◦   Siswa mengerjakan beberapa soal yang diberikan oleh guru
      ◦   Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
      ◦   Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes

3.      Penutup ( 10 menit )
      ◦   Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
             ◦   Memberikan tugas rumah

       Pertemuan Ke tiga  :

       ▫   Model Pembelajaran    :   Pembelajaran langsung
       ▫   Metode Pembelajaran  :   Demonstrasi, tanya jawab, tugas
       ▫   Pendekatan                  :   CTL

1.      Pendahuluan  ( 10 menit )
      ◦   Apersepsi   :   Mengingatkan  kembali  dasar  dari  perkalian,  kemudian  lawan   dari
                                 perkalian adalah pembagian
      ◦   Motivasi     :   Apabila    materi  ini  dikuasai  dengan  baik  oleh  siswa,  maka   akan 
                                 bermanfaaat dalam menyelesaikan soal-soal

2.      Kegiatan Inti ( 60 menit )
      ◦   Membahas tugas rumah
      ◦   Guru mengulang kembali materi perkalian sebagai dasar materi pembagian
      ◦   Melalui peragaan guru menjelaskan bentuk-bentuk aljabar yang dapat dibagi dengan
           contoh-contoh  yang  melibatkan koefisien,  variabel  suku  satu,  suku dua dan suku  
           tiga dalam variabel yang sama atau berbeda
      ◦   Beberapa  orang  siswa  mendemonstrasikan  di depan  kelas  mengerjakan soal yang
          diberikan oleh guru.
      ◦   Siswa mengerjakan beberapa soal yang diberikan oleh guru
      ◦   Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
      ◦   Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes





20



3.      Penutup ( 10 menit )
      ◦   Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
             ◦   Memberikan tugas rumah

H.   Penilaian
       1.   Jenis Tagihan
             Pertemuan 1   :   test
             Pertemuan 2   :   test
                   Pertemuan 3  :   test

2.      Teknik
             Pertemuan 1   :   test harian
      Pertemuan 2   :   test harian
             Pertemuan 3   :   test harian

3.      Bentuk Instrumen
             Pertemuan 1   :   Uraian
      Pertemuan 2   :   Uraian
      Pertemuan 3   :   Uraian

4.      Soal / Instrumen
Pertemuan 1 :
Tentukan  mana  yang merupakan koefisien, variabel dan  bilangan  atau konstanta dari soal-soal berikut !
1.      2a                                                
2.      4b + 3                                          
3.      5x – 6                                          
4.      12 + 9p                                        
5.      196 – 8h                                    
6.   4a + 3b + 2
7.   5x2 + 2x - 3
8.      8p3 – 3p2 + 4p
9.      3ab + 4
10.  5pqr – 1

Pertemuan 2 :
1.      Operasi penjumlahan :
a.   Jumlahkan  3a + 2 dengan 2a + 1
b.   Jumlahkan  4x + 3 dengan 5x – 2
c.   Jumlahkan  6p – 7 dengan 9p – 11
d.   Jumlahkan  2ab + 3 dengan 4ab – 9
e.   Jumlahkan 5x2y – 4x dengan 6x + 3x2y

              2.   Operasi pengurangan :
                    a.   Kurangkan 2a + 3 dari 5a + 7
                    b.   Kurangkan 4x + 5 dari 2x – 9
                    c.   Kurangkan 9p – 7 dari x – 3
                    d.   Kurangkan 3ab + 2 dari 9ab + 5
                    e.   Kurangkan 4 + 2xy dari 5xy – 2

              3.   Selesaikan soal-soal berikut  :
                    a.   3a(4a + 2)                             
                    b.   4x2 (x – 5)                            
                    c.   (5p + 2)(3p + 4)
                    d.   (2k2 + 4)(6k3 – 3)     
                    e.   (3x3 + 2) 2




21



               Pertemuan 3 :
               Sederhanakan soal-soal berikut :
1.      12a : 3                                       
2.      16x3 : 8x                                    
3.      14p2q3 : 7pq
4.    (ab) 6 : (ab) 2
5.    (12x4y3z2) : (3xyz) 2




Kritik dan Saran  Kepala Sekolah :
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….







                                                                                                          Jakarta, 13 Juli 2009
                 Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 196 Jakarta                                                      Guru Mata Pelajaran




   Dra. Hj. Nenny Junaeni, MM                                                         Sulis Riyanto, S.Pd
   NIP : 130 632 551                                                                          NPTT : 01.04348
























22


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            :   Matematika             Kelas / Semester          :   VIII/1
Jenjang                        :   SMP                        Alokasi Waktu            :    6 x 40 menit
====================================================================
A.   Standar Kompetensi
       1.   Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi dan persamaan garis lurus

B.   Kompetensi Dasar
       1.2.   Mengurai bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya

C.   Indikator
       1.2.1.   Menentukan faktor suku aljabar.
       1.2.2.   Menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya
      
D.   Materi Ajar
       1.   Pemfaktoran suku bentuk aljabar
       2.   Menyederhanakan pembagian suku
       3.   Menyederhanakan perpangkatan konstanta dan suku

E.   Tujuan Pengajaran
      1.   Siswa dapat memfaktorkan suku bentuk aljabar
      2.   Siswa dapat menyederhanakan pembagian suku aljabar
      3.   Siswa dapat memangkatkan konstanta dan suku aljabar

F.   Sumber dan Media Pembelajaran
      1.   Buku Sumber  :
      2.   Buku Kerja Siswa

G.   Strategi Pembelajaran

       Pertemuan Pertama :

       ▫   Model Pembelajaran    :   Pembelajaran langsung
       ▫   Metode Pembelajaran  :   Demonstrasi, tanya jawab, tugas
       ▫   Pendekatan                  :   CTL

1.      Pendahuluan ( 10 menit )
      ◦   Apersepsi   :   Mengingatkan   kembali   tentang  koefisien, variable suku sejenis dan
                                 perkalian bilangan bulat dengan sifat-sifatnya
      ◦   Motivasi     :   Apabila   materi  ini  dikuasai  dengan  baik  oleh  siswa,   maka   akan 
                                 bermanfaaat dalam menyelesaikan soal-soal

2.      Kegiatan Inti ( 60 menit )
      ◦   Dengan  demonstrasi,  guru  menjelaskan  cara memfaktorkan bentuk aljabar dengan
           menggunakan dasar kebalikan perkalian suku-suku bentuk aljabar
      ◦   Beberapa  orang  siswa  mendemonstrasikan di depan kelas cara memfaktorkan suku
           aljabar
      ◦   Siswa mengerjakan beberapa soal yang diberikan oleh guru
      ◦   Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
      ◦   Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes

3.      Penutup ( 10 menit )
      ◦   Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
      ◦   Memberikan tugas rumah




23



       Pertemuan Ke dua :

       ▫   Model Pembelajaran    :   Pembelajaran langsung
       ▫   Metode Pembelajaran  :   Demonstrasi, tanya jawab, tugas
       ▫   Pendekatan                  :   CTL

1.      Pendahuluan ( 10 menit )
      ◦   Apersepsi   :   Mengingatkan  kembali   tentang  koefisien,  variable suku sejenis dan
                                 perkalian bilangan bulat dengan sifat-sifatnya
      ◦   Motivasi     :   Apabila  materi  ini  dikuasai   dengan  baik  oleh  siswa,    maka  akan 
                                 bermanfaaat dalam menyelesaikan soal-soal

2.      Kegiatan Inti ( 60 menit )
      ◦   Dengan   demonstrasi,  guru   menjelaskan  cara   membagi   bentuk  aljabar   dengan
           menggunakan dasar kebalikan perkalian suku-suku bentuk aljabar
      ◦   Beberapa  orang  siswa  mendemonstrasikan  di depan kelas cara membagi soal suku
           aljabar
      ◦   Siswa mengerjakan beberapa soal yang diberikan oleh guru
      ◦   Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
      ◦   Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes

3.      Penutup ( 10 menit )
      ◦   Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
      ◦   Memberikan tugas rumah

       Pertemuan Ke tiga :

       ▫   Model Pembelajaran    :   Pembelajaran langsung
       ▫   Metode Pembelajaran  :   Demonstrasi, tanya jawab, tugas
       ▫   Pendekatan                  :   CTL

1.      Pendahuluan ( 10 menit )
      ◦   Apersepsi   :   Mengingatkan  kembali   tentang  koefisien,  variable suku sejenis dan
                                 perkalian bilangan bulat dengan sifat-sifatnya
      ◦   Motivasi     :   Apabila  materi  ini  dikuasai  dengan  baik  oleh  siswa,    maka   akan 
                                 bermanfaaat dalam menyelesaikan soal-soal

2.      Kegiatan Inti ( 60 menit )
      ◦   Dengan demonstrasi, guru menjelaskan cara menyederhanakan bentuk perpangkatan
          dengan menggunakan dasar kebalikan perkalian variable yang sejenis
      ◦   Beberapa   orang  siswa  mendemonstrasikan  di depan kelas cara  menyederhanakan
           bentuk perpangkatan
      ◦   Siswa mengerjakan beberapa soal yang diberikan oleh guru
      ◦   Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
      ◦   Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes

3.      Penutup ( 10 menit )
      ◦   Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
      ◦   Memberikan tugas rumah

H.   Penilaian
       1.   Jenis Tagihan
             Pertemuan 1   :   test
             Pertemuan 2   :   test
             Pertemuan 3   :   test







24




2.   Teknik
             Pertemuan 1   :   test harian
      Pertemuan 2   :   test harian
             Pertemuan 3   :   test harian

3.   Bentuk Instrumen
             Pertemuan 1   :   Uraian
      Pertemuan 2   :   Uraian
      Pertemuan 3   :   Uraian

4.      Soal / Instrumen
Pertemuan 1 :
             Faktorkanlah  bentuk-bentuk aljabar berikut :
1.      6a + 15ab                                     6.   x2 + 6x + 9
2.      9pq2 – 12qr                                  7.   x2 – 10x + 25
3.      16x2y + 8yz – 12y                        8.   x2 – 5x – 5
4.      24a2bc – 18ab2 – 12ac – 6a3
5.      12p2qr – 3pqr + 8p2q

Pertemuan 2 :
1.      4a + 6 : 2a
2.      5a – 15 : a – 5
3.      12abc + 4bc : 4ab

Pertemuan 3 :
1.      18x2 + 9x : 6x
2.      x2 – 4 : x + 3x + 2
3.      9x4y3z2 + 6x5y2z3 – 12x2yz : 3xyz


Kritik dan Saran Kepala Sekolah :
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….



                                                                                                          Jakarta, 13 Juli 2009
                 Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 196 Jakarta                                                      Guru Mata Pelajaran




   Dra. Hj. Nenny Junaeni, MM                                                         Sulis Riyanto, S.Pd
   NIP : 130 632 551                                                                          NPTT : 01.04348










25



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            :   Matematika             Kelas / Semester          :   VIII/1
Jenjang                        :   SMP                        Alokasi Waktu            :    4 x 40 menit
====================================================================
A.   Standar Kompetensi
       1.   Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi dan persamaan garis lurus

B.   Kompetensi Dasar
       1.3.   Menyelesaikan operasi pecahan bentuk aljabar

C.   Indikator
       1.3.1.   Menyelesaikan operasi tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pecahan
                   bentuk aljabar.
       1.3.2.   Menyederhanakan pecahan bentuk aljabar

D.   Materi Ajar
       1.    Menyelesaikan operasi tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pecahan bentuk aljabar
       2.   Menyederhanakan pecahan bentuk aljabar

E.   Tujuan Pengajaran
      1.   Siswa dapat menyelesaikan soal-soal pecahan dalam operasi penjumlahan,
            pengurangan, perkalian, pembagian dan perpangkatan
      2.   Siswa dapat menyederhanakan pecahan bentuk aljabar

F.   Sumber dan Media Pembelajaran
      1.   Buku Sumber  :
      2.   Buku Kerja Siswa

G.   Strategi Pembelajaran

       Pertemuan Pertama :

       ▫   Model Pembelajaran    :   Pembelajaran langsung
       ▫   Metode Pembelajaran  :   Demonstrasi, Tanya jawab, tugas
       ▫   Pendekatan                  :   CTL

1.      Pendahuluan ( 10 menit )
      ◦   Apersepsi   :   Mengingatkan  kembali  perkalian  bilangan pecahan dengan sifat-sifat
                                 Nya dan FPB
      ◦   Motivasi     :   Apabila   materi  ini  dikuasai   dengan  baik  oleh   siswa,   maka akan 
                                 bermanfaaat dalam menyelesaikan soal-soal

2.      Kegiatan Inti ( 60 menit )
      ◦   Melalui peragaan, guru menjelaskan operasi aljabar dalam bentuk pecahan
      ◦   Beberapa   orang    siswa  mendemonstrasikan  di  depan  kelas  cara  menyelesaikan
           operasi   bentuk  pecahan.
      ◦   Siswa mengerjakan beberapa soal yang diberikan oleh guru
      ◦   Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
      ◦   Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes

3.      Penutup ( 10 menit )
      ◦   Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
      ◦   Memberikan tugas rumah





26



       Pertemuan Ke dua :
       ▫   Model Pembelajaran    :   Pembelajaran Langsung
       ▫   Metode Pembelajaran  :   Demonstrasi, tanya jawab, tugas
       ▫   Pendekatan                  :   CTL

1.      Pendahuluan ( 10 menit )
      ◦   Apersepsi   :   Mengingatkan   kembali  perkalian,  pengurangan,  perkalian  bilangan
                                 pecahan dengan sifat-sifatnya, FPB
      ◦   Motivasi     :   Apabila   materi  ini   dikuasai  dengan  baik  oleh  siswa,   maka  akan 
                                 bermanfaaat dalam menyelesaikan soal-soal

2.      Kegiatan Inti ( 60 menit )
      ◦   Melalui demonstrasi, guru menjelaskan cara menyederhanakan bentuk pecahan
      ◦   Beberapa  orang  siswa  mendemonstrasikan  di  depan  kelas cara menyederhanakan
           bentuk pecahan
      ◦   Siswa mengerjakan beberapa soal yang diberikan oleh guru
      ◦   Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
      ◦   Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes

3.      Penutup ( 10 menit )
      ◦   Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
      ◦   Memberikan tugas rumah

H.   Penilaian
       1.   Jenis Tagihan
             Pertemuan 1   :   test
             Pertemuan 2   :   test

2.   Teknik
             Pertemuan 1   :   test harian
      Pertemuan 2   :   tes harian

3.   Bentuk Instrumen
             Pertemuan 1   :   Uraian
      Pertemuan 2   :   Uraian

4.      Soal / Instrumen
   



Kritik dan Saran Kepala Sekolah :
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….

                                                                                                          Jakarta, 13 Juli 2009
                 Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 196 Jakarta                                                      Guru Mata Pelajaran




   Dra. Hj. Nenny Junaeni, MM                                                         Sulis Riyanto, S.Pd
   NIP : 130 632 551                                                                          NPTT : 01.04348



 27
          


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            :   Matematika             Kelas / Semester          :   VIII/1
Jenjang                        :   SMP                        Alokasi Waktu            :    6 x 40 menit
====================================================================
A.   Standar Kompetensi
       1.   Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi dan persamaan garis lurus

B.   Kompetensi Dasar
       1.3.   Memahami relasi dan fungsi
      
C.   Indikator
       1.3.1.   Menjelaskan  dengan kata-kata dan menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan
                   dengan fungsi
       1.3.2.   Menyatakan suatu fungsi dengan notasi
      
D.   Materi Ajar
       1.   Menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan fungsi
       2.   Menggambar grafik fungsi

E.   Tujuan Pengajaran
      1.   Siswa  dapat  menjelaskan  dengan kata-kata masalah sehari-hari yang berkaitan dengan
            fungsi
      2.   Siswa dapat menyatakan dengan fungsi yang terkait dengan masalah sehari-hari
      3.   Siswa dapat menggambar grafik fungsi dalam koordinat Cartesius

F.   Sumber dan Media Pembelajaran
      1.   Buku Sumber  :
      2.   Buku Kerja Siswa

G.   Strategi Pembelajaran

       Pertemuan Pertama :

       ▫   Model Pembelajaran    :   Pembelajaran langsung
       ▫   Metode Pembelajaran  :   Demonstrasi, Tanya jawab, tugas
       ▫   Pendekatan                  :   CTL

1.      Pendahuluan ( 10 menit )
      ◦   Apersepsi   :   Mengingatkan  kembali  tentang masalah sehari-hari selalu tidak lepas
                                 dengan matematika
      ◦   Motivasi     :   Apabila   materi  ini  dikuasai   dengan  baik  oleh   siswa,   maka akan 
                                 bermanfaaat dalam menyelesaikan soal-soal

2.      Kegiatan Inti ( 60 menit )
      ◦   Melalui  penjelasan,  guru  mengarahkan  kejadian sehari-hari yang berkaitan dengan
           fungsi
      ◦   Beberapa  orang  siswa  disuruh  menyebutkan  masalah  sehari-hari  yang  berkaitan
          dengan fungsi
      ◦   Siswa menyebutkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan fungsi
      ◦   Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
      ◦   Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes

3.      Penutup ( 10 menit )
      ◦   Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
      ◦   Memberikan tugas rumah

       Pertemuan Ke dua :

       ▫   Model Pembelajaran    :   Pembelajaran langsung
       ▫   Metode Pembelajaran  :   Demonstrasi, Tanya jawab, tugas
       ▫   Pendekatan                  :   CTL


28


1.      Pendahuluan ( 10 menit )
      ◦   Apersepsi   :   Mengingatkan  kembali  tentang masalah sehari-hari selalu tidak lepas
                                 dengan matematika
      ◦   Motivasi     :   Apabila   materi  ini  dikuasai   dengan  baik  oleh   siswa,   maka akan 
                                 bermanfaaat dalam menyelesaikan soal-soal

2.      Kegiatan Inti ( 60 menit )
      ◦   Membahas tugas rumah
      ◦   Melalui  demonstrasi,  guru  menjelaskan nama-nama bagian dalam fungsi
      ◦   Beberapa  orang  siswa  disuruh  menyebutkan  nama-nama dalam fungsi
      ◦   Guru memberikan soal latihan
      ◦   Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
      ◦   Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes

3.      Penutup ( 10 menit )
      ◦   Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
      ◦   Memberikan tugas rumah

H.   Penilaian
       1.   Jenis Tagihan
             Pertemuan 1   :   test                                     Pertemuan 2    :   test
            
2.   Teknik
             Pertemuan 1   :   test harian                            Pertemuan 2    :   test harian
     
3.   Bentuk Instrumen
             Pertemuan 1   :   Uraian                                 Pertemuan 2    :   Uraian
     
1.      Soal / Instrumen
Pertemuan 1 :
             Buatlah 5 contoh  dalam  kehidupan sehari-hari, hal-hal yang dapat saling berhubungan
             satu dengan lainnya !

             Pertemuan 2 :
1.      Perhatikan diagram panah di bawah ini !





Oval: 1
2
3
Oval: a
b
c
 
Tentukan :
a.   Domain
b.   Range
c.   Kodomain


2.      Diketahui himpunan pasangan berurutan {(Pak Sulis, Matematika),(Pak Tri Bandrio, IPA), (Ibu Samah, Bahasa Indonesia), (Ibu Marsia Emma, Matematika), (Ibu Tri Hastuti, Geografi)}
Tentukan :
a.   Dua himpunan dalam kejadian diatas
b.   Relasi yang mungkin dalam hubungan tersebut

Kritik dan Saran Kepala Sekolah :
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
                                                                                                          Jakarta, 13 Juli 2009
                 Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 196 Jakarta                                                      Guru Mata Pelajaran



   Dra. Hj. Nenny Junaeni, MM                                                         Sulis Riyanto, S.Pd
   NIP : 130 632 551                                                                          NPTT : 01.04348


29



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            :   Matematika             Kelas / Semester          :   VIII/1
Jenjang                        :   SMP                        Alokasi Waktu            :    4 x 40 menit
====================================================================
A.   Standar Kompetensi
       1.   Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi dan persamaan garis lurus

B.   Kompetensi Dasar
       1.5.   Menggambar sketsa grafik fungsi alajabar sederhana pada sistem koordinat Cartesius
      
C.   Indikator
       1.5.1.   Menyusun tabel pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi
       1.5.2.   Menggambar grafik fungsi pada koordinat Cartesius
      
D.   Materi Ajar
       1.   Menggambar grafik fungsi

E.   Tujuan Pengajaran
      1.   Siswa  dapat  menyusun tabel pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi
      2.   Siswa dapat menggambar grafik fungsi dalam koordinat Cartesius

F.   Sumber dan Media Pembelajaran
      1.   Buku Sumber  :
      2.   Buku Kerja Siswa

G.   Strategi Pembelajaran

       ▫   Model Pembelajaran    :   Pembelajaran langsung
       ▫   Metode Pembelajaran  :   Demonstrasi, Tanya jawab, tugas
       ▫   Pendekatan                  :   CTL

1.      Pendahuluan ( 10 menit )
      ◦   Apersepsi   :   Mengingatkan  kembali  tentang diagram Cartesius
      ◦   Motivasi     :   Apabila   materi  ini  dikuasai   dengan  baik  oleh   siswa,   maka akan 
                                 bermanfaaat dalam menyelesaikan soal-soal

2.      Kegiatan Inti ( 60 menit )
      ◦   Membahas tugas rumah
      ◦   Melalui   demonstrasi,  guru  menjelaskan   cara   menggambar  grafik  fungsi  dalam
           koordinat  Cartesius
      ◦   Beberapa orang siswa disuruh menggambar grafik fungsi dalam koordinat Cartesiuc
      ◦   Guru memberikan soal latihan
      ◦   Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
      ◦   Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes

3.      Penutup ( 10 menit )
      ◦   Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
      ◦   Memberikan tugas rumah

H.   Penilaian
       1.   Jenis Tagihan
             Pertemuan 1   :   test
             Pertemuan 2   :   test
            
2.   Teknik
             Pertemuan 1   :   test harian
      Pertemuan 2   :   test harian
            



30



3.   Bentuk Instrumen
             Pertemuan 1   :   Uraian
      Pertemuan 2   :   Uraian

4.      Soal / Instrumen
Pertemuan 1 :
Diketahui daerah asal A = {-2, -1, 0, 1, 2} diadakan pemetaan oleh fungsi f(x) = 2x + 1.
Dengan cara table, tentukan range dari  daerah asal A
            
             Pertemuan 2 :
Diketahui daerah asal A = {-2, -1, 0, 1, 2} diadakan pemetaan oleh fungsi f(x) = 3x - 4.
Buatlah grafik fungsi dalam koordinat Cartesius






Kritik dan Saran Kepala Sekolah :
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….


                                                                                                          Jakarta, 13 Juli 2009
                 Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 196 Jakarta                                                      Guru Mata Pelajaran




   Dra. Hj. Nenny Junaeni, MM                                                         Sulis Riyanto, S.Pd
   NIP : 130 632 551                                                                          NPTT : 01.04348
























31



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            :   Matematika             Kelas / Semester          :   VIII/1
Jenjang                        :   SMP                        Alokasi Waktu            :    8 x 40 menit
====================================================================
A.   Standar Kompetensi
       1.   Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi dan persamaan garis lurus

B.   Kompetensi Dasar
       1.4.   Menentukan nilai fungsi

C.   Indikator
       1.4.1.   Menghitung nilai fungsi
       1.4.2.   Menentukan bentuk fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui

D.   Materi Ajar
       1.   Menghitung nilai suatu fungsi
       2.   Menyusun tabel fungsi
       3.   Menghitung nilai perubahan fungsi jika variabel berubah
       4.   Menentukan bentuk fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui

E.   Tujuan Pengajaran
      1.   Siswa  dapat  menghitung nilai suatu fungsi
      2.   Siswa dapat menyusun tabel fungsi
      3.   Siswa dapat menghitung perubahan fungsi jika variabel berubah
      4.   Siswa dapat menentukan bentuk fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui

F.   Sumber dan Media Pembelajaran
      1.   Buku Sumber  :
      2.   Buku Kerja Siswa

G.   Strategi Pembelajaran

       Pertemuan Pertama :

       ▫   Model Pembelajaran    :   Pembelajaran langsung
       ▫   Metode Pembelajaran  :   Demonstrasi, Tanya jawab, tugas
       ▫   Pendekatan                  :   CTL

1.      Pendahuluan ( 10 menit )
      ◦   Apersepsi   :   Mengingatkan  kembali  tentang fungsi
      ◦   Motivasi     :   Apabila   materi  ini  dikuasai   dengan  baik  oleh   siswa,   maka akan 
                                 bermanfaaat dalam menyelesaikan soal-soal

2.      Kegiatan Inti ( 60 menit )
      ◦   Melalui  penjelasan,  guru  mengingatkan  kembali bagaimana cara menghitung nilai       
           fungsi
      ◦   Beberapa  orang  siswa   mendemonstrasikan di depan kelas menghitung nilai fungsi
      ◦   Guru memberikan soal-soal latihan
      ◦   Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
      ◦   Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes

3.      Penutup ( 10 menit )
      ◦   Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
             ◦   Memberikan tugas rumah

       Pertemuan Ke dua :

       ▫   Model Pembelajaran    :   Pembelajaran langsung
       ▫   Metode Pembelajaran  :   Demonstrasi, Tanya jawab, tugas
       ▫   Pendekatan                  :   CTL


32



1.      Pendahuluan ( 10 menit )
      ◦   Apersepsi   :   Mengingatkan  kembali  tentang mencari nilai fungsi
      ◦   Motivasi     :   Apabila   materi  ini  dikuasai   dengan  baik  oleh   siswa,   maka akan 
                                 bermanfaaat dalam menyelesaikan soal-soal

2.      Kegiatan Inti ( 60 menit )
      ◦   Melalui  penjelasan,  guru  mendemonstrasikan cara  menghitung nilai fungi  dengan
           menggunakan tabel
      ◦   Beberapa  orang  siswa  mendemonstrasikan  di depan kelas menghitung nilai fungsi
           dengan menggunakan tabel
      ◦   Guru memberikan soal-soal latihan
      ◦   Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
      ◦   Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes

3.      Penutup ( 10 menit )
      ◦   Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
             ◦   Memberikan tugas rumah

       Pertemuan Ke tiga :

       ▫   Model Pembelajaran    :   Pembelajaran langsung
       ▫   Metode Pembelajaran  :   Demonstrasi, Tanya jawab, tugas
       ▫   Pendekatan                  :   CTL

1.      Pendahuluan ( 10 menit )
      ◦   Apersepsi   :   Mengingatkan  kembali  tentang mencari nilai fungsi
      ◦   Motivasi     :   Apabila   materi  ini  dikuasai   dengan  baik  oleh   siswa,   maka akan 
                                 bermanfaaat dalam menyelesaikan soal-soal

2.      Kegiatan Inti ( 60 menit )
      ◦   Melalui  penjelasan,  guru  mendemonstrasikan  cara  menghitung nilai fungi dengan
           menggunakan tabel dengan bilangan yang sama tetapi variabelnya berbeda
      ◦   Beberapa  orang  siswa  mendemonstrasikan di depan  kelas menghitung nilai fungsi
           dengan menggunakan tabel dengan variable-variabel yang berbeda
      ◦   Guru memberikan soal-soal latihan
      ◦   Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
      ◦   Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes

3.      Penutup ( 10 menit )
      ◦   Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
             ◦   Memberikan tugas rumah

       Pertemuan Ke empat :

       ▫   Model Pembelajaran    :   Pembelajaran langsung
       ▫   Metode Pembelajaran  :   Demonstrasi, Tanya jawab, tugas
       ▫   Pendekatan                  :   CTL

1.      Pendahuluan ( 10 menit )
      ◦   Apersepsi   :   Mengingatkan  kembali  tentang mencari nilai fungsi
      ◦   Motivasi     :   Apabila   materi  ini  dikuasai   dengan  baik  oleh   siswa,   maka akan 
                                 bermanfaaat dalam menyelesaikan soal-soal

2.      Kegiatan Inti ( 60 menit )
      ◦   Melalui  penjelasan,   guru  mendemonstrasikan  cara  mencari  nama fungi jika nilai
          dan data fungsi diketahui
      ◦   Beberapa  orang  siswa   mendemonstrasikan  di depan  kelas  mencari  nama  fungsi
           jika nilai dan data fungsi diketahui
      ◦   Guru memberikan soal-soal latihan
      ◦   Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
      ◦   Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes


34


3.      Penutup ( 10 menit )
      ◦   Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
             ◦   Memberikan tugas rumah

H.   Penilaian
       1.   Jenis Tagihan
             Pertemuan 1   :   test
             Pertemuan 2   :   test
             Pertemuan 3   :   test
             Pertemuan 4   :   test

2.   Teknik
             Pertemuan 1   :   test harian
      Pertemuan 2   :   test harian
             Pertemuan 3   :   test harian
             Pertemuan 4   :   test harian

3.   Bentuk Instrumen
             Pertemuan 1   :   Uraian
      Pertemuan 2   :   Uraian
      Pertemuan 3   :   Uraian
      Pertemuan 4   :   Uraian

4.      Soal / Instrumen

Pertemuan 1 :
1.   Diketahui fungsi f(x) = 3x + 1. Tentukan bayangan dari x = 5 !  
2.   Diketahui daerah asal A = {1, 2, 3, 4} diadakan pemetaan oleh fungsi f(x) = 3x + 1.
      Tentukan daerah hasil dari pemetaan tersebut !

Pertemuan 2:
1.      Diketahui daerah asal B = {-3, -2, -1, 0, 1, 2, 3} diadakan pemetaan oleh fungsi g(x) = 2x – 4. Dengan menggunakan tabel fungsi, tentukan daerah hasil dari pemetaan tersebut !

2.      Diketahui daerah asal C = {-3, -2, -1, 0, 1, 2, 3} diadakan pemetaan oleh fungsi g(x) = -3x + 2. Dengan menggunakan tabel fungsi, tentukan daerah hasil dari pemetaan tersebut !

Pertemuan 3 :
Diketahui daerah asal {-2, -1, 0, 1, 2}. Tentukan nilai fungsi tersebut jika dipetakan oleh :
1.      f(x) = 4x + 1
2.      g(a) = 5a – 2
3.      h(p) = 2p2 + 1
4.      f(x) = 3x2 – 4
5.      g(a) = 4a2 + 3a

Pertemuan 4 :
1.      Diketahui fungsi f(x) = ax + b. Jika f(4) = 5 dan f(2) = 3, tentukan :
a.   Nilai a dan b
b.   Nama fungsi f(x)
c.   Nilai f(x) jika x = -5
d.   Nilai x jika f(x) = 10





35



             2.   Diketahui fungsi g(a) = pa + q. Jika g(2) = 7 dan g(-4) = -17, tentukan :
a.   Nilai p dan q
b.   Nama fungsi g(a)
c.   Nilai g(a) jika a = 19
d.   Nilai a jika g(a) = -29




Kritik dan Saran Kepala Sekolah :
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….



                                                                                                          Jakarta, 13 Juli 2009
                 Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 196 Jakarta                                                      Guru Mata Pelajaran




   Dra. Hj. Nenny Junaeni, MM                                                         Sulis Riyanto, S.Pd
   NIP : 130 632 551                                                                          NPTT : 01.04348
































36



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            :   Matematika             Kelas / Semester          :   VIII/1
Jenjang                        :   SMP                        Alokasi Waktu            :    6 x 40 menit
====================================================================
A.   Standar Kompetensi
       1.   Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi dan persamaan garis lurus

B.   Kompetensi Dasar
       1.6.   Menentukan gradien persamaan garis lurus

C.   Indikator
       1.6.1.   Mengenal pengertian dan menemukan gradien garis lurus dalam berbagai bentuk
       1.6.2.   Menentukan  persamaan garis lurus yang melalui dua titik, melalui satu titik dengan
                   gradien tertentu
       1.6.3.   Menggambar grafik garis  lurus

D.   Materi Ajar
       1.   Pengertian Gradien
       2.   Persamaan Garis yang melalui dua titik dan satu titik dengan gradien tertentu
       3.   Menggambar grafik garis  lurus

E.   Tujuan Pengajaran
      1.   Siswa  dapat  mengenal pengertian gradien suatu garis
      2.   Siswa dapat membentuk persamaan garis yang melalui dua titik tertentu
      3.   Siswa dapat membentuk persamaan garis yang melalui satu titik dengan gradien tertentu

F.   Sumber dan Media Pembelajaran
      1.   Buku Sumber 
      2.   Buku Kerja Siswa

G.   Strategi Pembelajaran

       Pertemuan Pertama :

       ▫   Model Pembelajaran    :   Pembelajaran langsung
       ▫   Metode Pembelajaran  :   Demonstrasi, Tanya jawab, tugas
       ▫   Pendekatan                  :   CTL

1.      Pendahuluan ( 10 menit )
      ◦   Apersepsi   :   Mengingatkan  kembali  tentang sistem persamaan dua variabel
      ◦   Motivasi     :   Apabila   materi  ini  dikuasai   dengan  baik  oleh   siswa,   maka akan 
                                 bermanfaaat dalam menyelesaikan soal-soal

2.      Kegiatan Inti ( 60 menit )
      ◦   Melalui   penjelasan,   guru   mengingatkan   kembali  sistem persamaan dua variabel
          dalam berbagai bentuk dan variabel
      ◦   Guru  mendemonstrasikan  menggambar beberapa garis pada koordinat Cartesius
      ◦   Guru  membimbing siswa untuk memahami kemiringan dari garis yang digambar
 ◦   Guru  membimbing siswa mencari gradien garis
      ◦   Guru memberikan soal-soal latihan
      ◦   Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
      ◦   Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes

3.      Penutup ( 10 menit )
      ◦   Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
             ◦   Memberikan tugas rumah





37


       Pertemuan Ke dua :

       ▫   Model Pembelajaran    :   Pembelajaran langsung
       ▫   Metode Pembelajaran  :   Demonstrasi, Tanya jawab, tugas
       ▫   Pendekatan                  :   CTL

1.      Pendahuluan ( 10 menit )
      ◦   Apersepsi   :   Mengingatkan  kembali  tentang gradient garis lurus
      ◦   Motivasi     :   Apabila   materi  ini  dikuasai   dengan  baik  oleh   siswa,   maka akan 
                                 bermanfaaat dalam menyelesaikan soal-soal

2.      Kegiatan Inti ( 60 menit )
      ◦   Melalui   penjelasan,   guru   mengingatkan   kembali tentang persamaan linear dua
          Variable yang juga merupakan persamaan garis lurus
      ◦   Guru   membimbing siswa membentuk persamaan garis yang melalui dua titik
      ◦   Beberapa  orang  siswa   mendemonstrasikan di depan kelas membentuk persamaan
           Garis melalui dua titik
      ◦   Guru memberikan soal-soal latihan
      ◦   Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
      ◦   Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes

3.      Penutup ( 10 menit )
      ◦   Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
             ◦   Memberikan tugas rumah

Pertemuan Ke tiga :

       ▫   Model Pembelajaran    :   Pembelajaran langsung
       ▫   Metode Pembelajaran  :   Demonstrasi, Tanya jawab, tugas
       ▫   Pendekatan                  :   CTL

1.      Pendahuluan ( 10 menit )
      ◦   Apersepsi   :   Mengingatkan  kembali  tentang persamaan garis lurus
      ◦   Motivasi     :   Apabila   materi  ini  dikuasai   dengan  baik  oleh   siswa,   maka akan 
                                 bermanfaaat dalam menyelesaikan soal-soal

2.      Kegiatan Inti ( 60 menit )
      ◦   Melalui   penjelasan,   guru   mengingatkan   kembali tentang persamaan garis lurus
      ◦   Guru   membimbing  siswa  membentuk  persamaan  garis  yang  melalui  satu  titik
           dengan gradien tertentu
      ◦   Beberapa  orang  siswa   mendemonstrasikan di depan kelas membentuk persamaan
           garis melalui satu  titik dengan gradien tertentu
      ◦   Guru memberikan soal-soal latihan
      ◦   Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
      ◦   Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes

3.      Penutup ( 10 menit )
      ◦   Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
             ◦   Memberikan tugas rumah

Pertemuan Ke empat:

       ▫   Model Pembelajaran    :   Pembelajaran langsung
       ▫   Metode Pembelajaran  :   Demonstrasi, Tanya jawab, tugas
       ▫   Pendekatan                  :   CTL

1.      Pendahuluan ( 10 menit )
      ◦   Apersepsi   :   Mengingatkan  kembali  tentang koordinat Cartesius
      ◦   Motivasi     :   Apabila   materi  ini  dikuasai   dengan  baik  oleh   siswa,   maka akan 
                                 bermanfaaat dalam menyelesaikan soal-soal


38



2.      Kegiatan Inti ( 60 menit )
      ◦   Melalui   penjelasan,   guru   mengingatkan   kembali tentang persamaan garis lurus
      ◦   Guru   membimbing  siswa  menggambar  persamaan  garis  lurus
      ◦   Beberapa  orang  siswa   mendemonstrasikan di depan kelas menggambar persamaan
           garis lurus
      ◦   Guru memberikan soal-soal latihan
      ◦   Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
      ◦   Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes

3.      Penutup ( 10 menit )
      ◦   Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
             ◦   Memberikan tugas rumah

H.   Penilaian
       1.   Jenis Tagihan
             Pertemuan 1   :   test
             Pertemuan 2   :   test
             Pertemuan 3   :   test
             Pertemuan 4   :   test

2.   Teknik
             Pertemuan 1   :   test harian
      Pertemuan 2   :   test harian
 Pertemuan 3   :   test harian
 Pertemuan 4   :   test harian

3.   Bentuk Instrumen
             Pertemuan 1   :   Uraian
      Pertemuan 2   :   Uraian
 Pertemuan 3   :   Uraian
      Pertemuan 4   :   Uraian

4.      Soal / Instrumen
Pertemuan 1 :
Tentukan gradien dari persamaan garis berikut :
1.   y = 4x + 2                                    
2.   y = -3x – 6                                   
3.   2x + y = 8
4.   3x – 9y = -12
5.   4x – 12y + 16 = 0

 Pertemuan 2 :
 Tentukan persamaan garis yang melalui titik-titik berikut :
 a.   (0, 0) dan (-5, 6)                          
 b.   (4, -6) dan (0, 0)                          
 c.   (3, -6) dan (4, -1)
 d.   (3, 4) dan (8, 24)
 e.   (2, 8) dan (-3, -2)

 Pertemuan 3 :
 Tentukan persamaan garis yang :
 a.   Bergradien 4 dan melalui titik (1, 3)
 b.   Bergradien -5 dan melalui titik (-2, 4)
 c.   Bergradien -3 dan melalui titik (4, -5)
 d.   Bergradien 6 dan melalui titik (-4, -5)
 e.   Bergradien -2 dan melalui titik (-3, -1)




39




Pertemuan 4 :
Gambarlah garis-garis berikut !
            a.   y = 2x + 4
            b.   y = -2x -3
            c.   x + 3y = 6
            d.   2x – 4y = -8
      





             




  Kritik dan Saran Kepala Sekolah :
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….



                                                                                                          Jakarta, 13 Juli 2009
                 Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 196 Jakarta                                                      Guru Mata Pelajaran




   Dra. Hj. Nenny Junaeni, MM                                                         Sulis Riyanto, S.Pd
   NIP : 130 632 551                                                                          NPTT : 01.04348




       



















40


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            :   Matematika             Kelas / Semester          :   VIII/1
Jenjang                        :   SMP                        Alokasi Waktu            :    6 x 40 menit
====================================================================
A.   Standar Kompetensi
       2.   Memahami   sistem  persamaan  linear  dua  variabel  dan   menggunakannya  di  dalam 
             pemecahan masalah

B.   Kompetensi Dasar
       2.2.   Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan dengan sistem per-
                samaan linear dua variabel

C.   Indikator
       2.2.1.   Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan dengan sistem per               
                   samaan linear dua variabel

D.   Materi Ajar
       1.   Koordinat titik potong dua garis
       2.   Menggunakan konsep persamaan garis lurus untuk memecahkan masalah

E.   Tujuan Pengajaran
      1.   Siswa  dapat   menentukan  persamaan  garis  lurus melalui dua titik dan melalui sebuah
            titik dengan gradien tertentu
      2.   Siswa dapat menentukan koordinat titik potong dua garis
      3.   Siswa dapat menggunakan konsep persamaan garis lurus untuk memecahkan masalah

F.   Sumber dan Media Pembelajaran
      1.   Buku Sumber 
      2.   Buku Kerja Siswa

G.   Strategi Pembelajaran

       Pertemuan Pertama :

       ▫   Model Pembelajaran    :   Pembelajaran langsung
       ▫   Metode Pembelajaran  :   Demonstrasi, Tanya jawab, tugas
       ▫   Pendekatan                  :   CTL

1.      Pendahuluan ( 10 menit )
      ◦   Apersepsi   :   Mengingatkan  kembali  tentang sistem persamaan garis lurus
      ◦   Motivasi     :   Apabila   materi  ini  dikuasai   dengan  baik  oleh   siswa,   maka akan 
                                 bermanfaaat dalam menyelesaikan soal-soal

2.      Kegiatan Inti ( 60 menit )
      ◦   Guru  mendemonstrasikan  menyusun  persamaan garis melalui dua titik
      ◦   Beberapa  orang  siswa   mendemonstrasikan  di  depan  kelas  menyusun persamaan
          garis melalui dua titik
      ◦   Guru memberikan soal-soal latihan
      ◦   Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
      ◦   Guru   mendemonstrasikan   menyusun   persamaan  garis  melalui  satu  titik dengan
          gradien tertentu
      ◦   Beberapa   orang  siswa   mendemonstrasikan  di depan  kelas  menyusun persamaan
          garis melalui satu titik dengan gradien tertentu
      ◦   Guru memberikan soal-soal latihan
      ◦   Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
      ◦   Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes




41



3.      Penutup ( 10 menit )
      ◦   Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
             ◦   Memberikan tugas rumah

       Pertemuan Ke dua :

       ▫   Model Pembelajaran    :   Pembelajaran langsung
       ▫   Metode Pembelajaran  :   Demonstrasi, Tanya jawab, tugas
       ▫   Pendekatan                  :   CTL

1.      Pendahuluan ( 10 menit )
      ◦   Apersepsi   :   Mengingatkan  kembali  tentang sistem persamaan garis lurus
      ◦   Motivasi     :   Apabila   materi  ini  dikuasai   dengan  baik  oleh   siswa,   maka akan 
                                 bermanfaaat dalam menyelesaikan soal-soal

2.      Kegiatan Inti ( 60 menit )
      ◦   Membahas tugas rumah
      ◦   Guru   mendemonstrasikan   menggambar   persamaan  dua  buah  garis  dan mencari
           koordinat titik potongnya
      ◦   Beberapa orang siswa mendemonstrasikan  di  depan  kelas  menggambar  dua  buah
           garis dan mencari koordinat titik potongnya
      ◦   Guru memberikan soal-soal latihan
      ◦   Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
      ◦   Guru   mendemonstrasikan  mencari titik potong dua garis dengan persamaan
      ◦   Beberapa   orang  siswa   mendemonstrasikan  di depan  kelas  mencari  titik  potong
          dua garis dengan cara persamaan
      ◦   Guru memberikan soal-soal latihan
      ◦   Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
      ◦   Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes

3.      Penutup ( 10 menit )
      ◦   Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
             ◦   Memberikan tugas rumah

       Pertemuan Ke tiga :

       ▫   Model Pembelajaran    :   Pembelajaran langsung
       ▫   Metode Pembelajaran  :   Demonstrasi, Tanya jawab, tugas
       ▫   Pendekatan                  :   CTL

1.      Pendahuluan ( 10 menit )
      ◦   Apersepsi   :   Mengingatkan  kembali  tentang sistem persamaan garis lurus
      ◦   Motivasi     :   Apabila   materi  ini  dikuasai   dengan  baik  oleh   siswa,   maka akan 
                                 bermanfaaat   dalam  menyelesaikan  soal-soal 

2.      Kegiatan Inti ( 60 menit )
      ◦   Guru   mendemonstrasikan   menggambar   persamaan  dua   buah  garis  yang saling
           sejajar dan siswa disuruh mencari gradien masing-masing garis
      ◦   Guru   mendemonstrasikan   menggambar   persamaan  dua   buah  garis  yang saling
           tegak lurus dan siswa disuruh mencari gradien masing-masing garis
      ◦   Guru   mengarahkan  siswa  menarik  kesimpulan  dari  dua  garis yang saling sejajar
           dan dua garis yang saling tegak lurus
      ◦   Beberapa  orang  siswa mendemonstrasikan  di  depan  kelas  menyelidiki  dua  buah
           garis dengan memperhatikan gradiennya
      ◦   Guru  mendemonstrasikan  cara  membentuk  persamaan  garis  yang sejajar maupun
           tegak lurus garis yang lain
      ◦   Guru memberikan soal-soal latihan
      ◦   Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
      ◦   Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes



42



3.      Penutup ( 10 menit )
      ◦   Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
             ◦   Memberikan tugas rumah

H.   Penilaian
       1.   Jenis Tagihan
             Pertemuan 1   :   test
             Pertemuan 2   :   test
             Pertemuan 3   :   test

2.   Teknik
             Pertemuan 1   :   test harian
      Pertemuan 2   :   test harian
             Pertemuan 3   :   test harian

3.   Bentuk Instrumen
             Pertemuan 1   :   Uraian
      Pertemuan 2   :   Uraian
      Pertemuan 3   :   Uraian

4.      Soal / Instrumen
Pertemuan 1 :
1.   Tentukan persamaan garis yang melalui dua titik berikut :
       a.   A(1, 3) dan B(4, 9)
       b.   C(2, -4) dan (5, 2)
 
2.   Tentukan persamaan garis yang :
       a.   Melalui titik (3, 4) dan bergradien 2
       b.   Melalui (5, -1) dan bergradien -3

Pertemuan 2 :
Dengan cara menggambar tentukan titik potong dua garis berikut :
1.   y = 2x + 1 dengan y = 3x – 1
2.   2x + 3y = 5 dengan 3x – 5y = –2

Pertemuan 3 :
1.      Tentukan persamaan garis yang :
a.   melalui titik (2,3) dan sejajar garis y = 4x + 1
                   b.   melalui titik (-3,4) dan sejajar garis y = -5x + 2
2.      Tentukan persamaan garis yang :
a.   melalui titik (4,-3) dan tegak lurus garis y = 2x + 5
                   b.   melalui titik (-5,-4) dan tegak lurus garis 5x + y = 1

  Kritik dan Saran Kepala Sekolah :
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….

                                                                                                          Jakarta, 13 Juli 2009
                 Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 196 Jakarta                                                      Guru Mata Pelajaran




   Dra. Hj. Nenny Junaeni, MM                                                         Sulis Riyanto, S.Pd
   NIP : 130 632 551                                                                          NPTT : 01.04348



43



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            :   Matematika             Kelas / Semester          :   VIII/1
Jenjang                        :   SMP                        Alokasi Waktu            :    6 x 40 menit
====================================================================
A.   Standar Kompetensi
       2.   Memahami   sistem  persamaan  linear  dua  variabel  dan   menggunakannya  di  dalam 
             pemecahan masalah

B.   Kompetensi Dasar
       2.3.   Menjelaskan bentuk-bentuk sistem persamaan linear dua variabel (PLSDV)

C.   Indikator
       2.3.1.   Menyebutkan perbedaan PLDV dan SPLDV
       2.3.2.   Menyebutkan variabel dengan variabel lain suatu PLDV
       2.3.3.   Mengenali SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel
       2.3.4.   Mengenal variable dan koefisien SPLDV
       2.3.5.   Membedakan akar dan bukan akar SPL dan SPLDV
       2.3.6.   Menjelaskan arti kata “dan” pada soludi SPLDV

D.   Materi Ajar
       1.   Perbedaan persamaan linear dua variabel dan system persamaan dua variabel
       2.   Menyatakan variable dengan variabel lain suatu persamaan linear dua variabel
       3.   Mengenal system persamaan linear dua variabel dalam berbagai bentuk
       4.   Mengenal variable dan koefisien system persamaan linear dua variabel
       5.   Membedakan akar dan bukan akar SPL dan SPLDV
       6.   Arti kata “dan” pada soludi SPLDV

E.   Tujuan Pengajaran
       1.   Siswa   dapat   membedakan  persamaan  linear dua variabel dan system persamaan dua
             variabel
       2.   Siswa  dapat   menyatakan  variabel  dengan  variabel  lain  suatu  persamaan linear dua
             variabel
       3.   Siswa dapat mengenal system persamaan linear dua variabel dalam berbagai bentuk
       4.   Siswa dapat mengenal variabel dan koefisien system persamaan linear dua variabel
       5.   Siswa dapat membedakan akar dan bukan akar SPL dan SPLDV
       6.   Siswa dapat mengarti kata “dan” pada soludi SPLDV

F.   Sumber dan Media Pembelajaran
      1.   Buku Sumber 
      2.   Buku Kerja Siswa

G.   Strategi Pembelajaran

       Pertemuan Pertama :

       ▫   Model Pembelajaran    :   Pembelajaran langsung
       ▫   Metode Pembelajaran  :   Demonstrasi, Tanya jawab, tugas
       ▫   Pendekatan                  :   CTL

1.      Pendahuluan ( 10 menit )
      ◦   Apersepsi   :   Mengingatkan  kembali  tentang sistem persamaan linear dua variabel
      ◦   Motivasi     :   Apabila   materi  ini  dikuasai   dengan  baik  oleh   siswa,   maka akan 
                                 bermanfaaat dalam menyelesaikan soal-soal

2.      Kegiatan Inti ( 60 menit )
      ◦   Guru  menanyakan kembali persamaan linear dua variabel dan memberikan contoh-
           contoh
      ◦   Siswa diminta memberikan  contoh-contoh persamaan linear dua variabel
      ◦   Guru   menjelaskankan   system persamaan linear dua variable


44


      ◦   Beberapa   orang  siswa   mendemonstrasikan  di depan  kelas  menyusun persamaan
          garis melalui satu titik dengan gradien tertentu
      ◦   Guru memberikan soal-soal latihan
      ◦   Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
      ◦   Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes

3.      Penutup ( 10 menit )
      ◦   Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
             ◦   Memberikan tugas rumah



















  Kritik dan Saran Kepala Sekolah :
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….

         Jakarta, 13 Juli 2009
                 Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 196 Jakarta                                                      Guru Mata Pelajaran




   Dra. Hj. Nenny Junaeni, MM                                                         Sulis Riyanto, S.Pd
   NIP : 130 632 551                                                                          NPTT : 01.04348















45



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            :   Matematika             Kelas / Semester          :   VIII/1
Jenjang                        :   SMP                        Alokasi Waktu            :    6 x 40 menit
====================================================================
A.   Standar Kompetensi
       2.   Memahami   sistem  persamaan  linear  dua  variabel  dan   menggunakannya  di  dalam 
             pemecahan masalah

B.   Kompetensi Dasar
       2.1.   Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel (PLSDV)
       2.2.   Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan  dengan  sistem  persamaan
                Linear dua variabel
       2.3.   Menyelesaikan   model  matematika   dari   masalah   yang  berkaitan  dengan  sistem
                Persamaan linear dua variabel

C.   Indikator
       2.1.1.   Menyebutkan perbedaan PLDV dan SPLDV
       2.1.2.   Mengenal  SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel
       2.1.3.   Menentukan akar SPLDV dengan substitusi dan eliminasi

D.   Materi Ajar
       1.   Perbedaan PLDV dan SPLDV
       2.   Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
       3.   Menentukan akar SPLDV dengan substitusi dan eliminasi

E.   Tujuan Pengajaran
       1.   Siswa dapat membedaan PLDV dan SPLDV
       2.   Siswa  dapat  mengenal persamaan linear dua variabel
3.   Siswa dapat menyelesaikan  system  persamaan linear  dua  variabel  dengan eliminasi
      dan substitusi

F.   Sumber dan Media Pembelajaran
      1.   Buku Sumber 
      2.   Buku Kerja Siswa

G.   Strategi Pembelajaran

       Pertemuan Pertama :

       ▫   Model Pembelajaran    :   Pembelajaran langsung
       ▫   Metode Pembelajaran  :   Demonstrasi, Tanya jawab, tugas
       ▫   Pendekatan                  :   CTL

1.      Pendahuluan ( 10 menit )
      ◦   Apersepsi   :   Mengingatkan  kembali  tentang  sistem persamaan linear dua variabel
      ◦   Motivasi     :   Apabila   materi  ini  dikuasai   dengan  baik  oleh   siswa,   maka akan 
                                 bermanfaaat dalam menyelesaikan soal-soal

2.      Kegiatan Inti ( 60 menit )
      ◦   Guru  mengingatkan kembali system persamaan linear dua variabel dan memberikan
           contoh-contoh
      ◦   Guru mendemonstrasikan menyelesaikan system persamaan linear dengan substitusi
      ◦   Beberapa orang siswa mendemonstrasikan di depan kelas menyelesaikan  persamaan
           linear dua variable dengan substitusi
      ◦   Guru memberikan soal-soal latihan
      ◦   Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
      ◦   Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes

3.      Penutup ( 10 menit )
      ◦   Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
             ◦   Memberikan tugas rumah

46



       Pertemuan Ke dua :

       ▫   Model Pembelajaran    :   Pembelajaran langsung
       ▫   Metode Pembelajaran  :   Demonstrasi, Tanya jawab, tugas
       ▫   Pendekatan                  :   CTL

1.      Pendahuluan ( 10 menit )
      ◦   Apersepsi   :   Mengingatkan  kembali  tentang  sistem persamaan linear dua variabel
      ◦   Motivasi     :   Apabila   materi  ini  dikuasai   dengan  baik  oleh   siswa,   maka akan 
                                 bermanfaaat dalam menyelesaikan soal-soal

2.      Kegiatan Inti ( 60 menit )
      ◦   Membahas tugas rumah
      ◦   Guru mendemonstrasikan menyelesaikan system  persamaan linear dengan eliminasi
      ◦   Beberapa orang siswa mendemonstrasikan di depan kelas menyelesaikan  persamaan
           linear dua variable dengan eliminasi
      ◦   Guru memberikan soal-soal latihan
      ◦   Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
      ◦   Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes

3.      Penutup ( 10 menit )
      ◦   Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
             ◦   Memberikan tugas rumah

       Pertemuan Ke tiga :

       ▫   Model Pembelajaran    :   Pembelajaran langsung
       ▫   Metode Pembelajaran  :   Demonstrasi, Tanya jawab, tugas
       ▫   Pendekatan                  :   CTL

1.      Pendahuluan ( 10 menit )
      ◦   Apersepsi   :   Mengingatkan  kembali  tentang  sistem persamaan linear dua variabel
      ◦   Motivasi     :   Apabila   materi  ini  dikuasai   dengan  baik  oleh   siswa,   maka akan 
                                 bermanfaaat dalam menyelesaikan soal-soal

2.      Kegiatan Inti ( 60 menit )
      ◦   Membahas tugas rumah
      ◦   Guru mendemonstrasikan menyelesaikan system persamaan linear dengan grafik
      ◦   Beberapa orang siswa mendemonstrasikan di depan kelas menyelesaikan  persamaan
           linear dua variable dengan grafik
      ◦   Guru memberikan soal-soal latihan
      ◦   Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
      ◦   Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes

3.      Penutup ( 10 menit )
      ◦   Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
             ◦   Memberikan tugas rumah

       Pertemuan Ke empat :

       ▫   Model Pembelajaran    :   Pembelajaran langsung
       ▫   Metode Pembelajaran  :   Demonstrasi, Tanya jawab, tugas
       ▫   Pendekatan                  :   CTL

1.      Pendahuluan ( 10 menit )
      ◦   Apersepsi   :   Mengingatkan  kembali  tentang  sistem persamaan linear dua variabel
      ◦   Motivasi     :   Apabila   materi  ini  dikuasai   dengan  baik  oleh   siswa,   maka akan 
                                 bermanfaaat dalam menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari





47





2.      Kegiatan Inti ( 60 menit )
      ◦   Membahas tugas rumah
      ◦   Guru  memberikan  masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari dan menyuruh siswa
           untuk memecahkan masalah tersebut
      ◦   Guru memberikan  bimbingan  tentang masalah tersebut ke dalam system persamaan
           dua variabel
      ◦   Guru mendemonstrasikan penyelesaian masalah kehidupan sehari-hari
      ◦   Beberapa  orang  siswa  mendemonstrasikan di depan  kelas menyelesaikan  masalah
           nyata kehidupan sehari-hari
      ◦   Guru memberikan soal-soal latihan
      ◦   Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
      ◦   Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes

3.      Penutup ( 10 menit )
      ◦   Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
             ◦   Memberikan tugas rumah

       Pertemuan Ke lima :

       ▫   Model Pembelajaran    :   Pembelajaran langsung
       ▫   Metode Pembelajaran  :   Demonstrasi, Tanya jawab, tugas
       ▫   Pendekatan                  :   CTL

1.      Pendahuluan ( 10 menit )
      ◦   Apersepsi   :   Mengingatkan  kembali  tentang  sistem persamaan linear dua variabel
      ◦   Motivasi     :   Apabila   materi  ini  dikuasai   dengan  baik  oleh   siswa,   maka akan 
                                 bermanfaaat dalam menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari

2.      Kegiatan Inti ( 60 menit )
      ◦   Membahas tugas rumah
      ◦   Guru  memberikan  masalah nyata persamaan nonlinear 
      ◦   Guru  memberikan  bimbingan tentang masalah tersebut ke dalam system persamaan
           dua variabel
      ◦   Guru mendemonstrasikan penyelesaian masalah persamaan nonlinear dengan system
           penyelesaian persamaan linear dua variabel
      ◦   Beberapa  orang  siswa  mendemonstrasikan  di depan kelas menyelesaikan  masalah
           Persamaan nonlinear
      ◦   Guru memberikan soal-soal latihan
      ◦   Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
      ◦   Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes

3.      Penutup ( 10 menit )
      ◦   Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
             ◦   Memberikan tugas rumah

H.   Penilaian
       1.   Jenis Tagihan
             Pertemuan 1   :   test
             Pertemuan 2   :   test
             Pertemuan 3   :   test
             Pertemuan 4   :   test
             Pertemuan 5   :   test

2.   Teknik
             Pertemuan 1   :   test harian
      Pertemuan 2   :   test harian
             Pertemuan 3   :   test harian
             Pertemuan 4   :   test harian
             Pertemuan 5   :   test harian



48






3.   Bentuk Instrumen
             Pertemuan 1   :   Uraian
      Pertemuan 2   :   Uraian
      Pertemuan 3   :   Uraian
             Pertemuan 4   :   Uraian
             Pertemuan 5   :   Uraian

4.      Soal / Instrumen
Pertemuan 1 :
         .   Dengan metode substitusi, tentukan titik potong dua garis berikut :
1.   x = 5 dengan x + 2y = 9
2.   y =  -3 dengan 4x – 2y = 10
3.   y = 2x + 1 dengan 3x + 2y = 9
4.   3x + y = 4 dengan 5x + 2y = 7
5.   4x – 3y = 1 dengan 2x – 4y = -2

Pertemuan 2 :
             Dengan metode eliminasi, tentukan titik potong dua garis berikut :
1.   4x + 3y = 14 dengan x + 2y = 6
2.   3x – 2y = 2 dengan 5x – 3y = 4

             Pertemuan 3 :
             Dengan metode grafik, tentukan titik potong dua garis berikut :
1.      x = 6 dan y = 2
2.      y = 4x + 1 dengan y = 3x + 2
3.      2x + 3y = 5 dengan 4x – 3x = 1

Pertemuan 4 :
1.      Ani membeli 2 buku dan 3 pensil dengan membayar Rp 7500,-. Bila Ani membeli 3 buku dan 2 pensil maka harus membayar Rp 10.000,-. Berapa harga masing-masing buku dan pensil ?

2.      Harga  2  baju  dan 3 kaos  adalah  Rp 85.000,-  sedangkan  harga 1 baju dan 4 kaos adalah Rp 80.000,-. Berapakah harga 3 baju dan 1 kaos ?

Pertemuan 5 :
Tentukan penyelesaian dari system persamaan berikut !
1.      5x2 + 3y2 = -3
2x2 + 3y2 = 34

2.      3x2 + y2 = 17
2x2 + 2y2 = -10


  Kritik dan Saran Kepala Sekolah :
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….

                                                                                                          Jakarta, 13 Juli 2009
                 Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 196 Jakarta                                                      Guru Mata Pelajaran




   Dra. Hj. Nenny Junaeni, MM                                                         Sulis Riyanto, S.Pd
   NIP : 130 632 551                                                                          NPTT : 01.04348



49



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            :   Matematika             Kelas / Semester          :   VIII/1
Jenjang                        :   SMP                        Alokasi Waktu            :    10 x 40 menit
====================================================================
A.   Standar Kompetensi
       3.   Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah

B.   Kompetensi Dasar
       3.1.   Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah

C.   Indikator
       3.1.1.   Menemukan Teorema Pythagoras
       3.1.2.   Menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi yang lain diketahui

D.   Materi Ajar
       1.   Menjelaskan dan menemukan dalil Pythagoras san syarat berlakunya
       2.   Menuliskan dalil Pythagoras untuk sisi-sisi segitiga
       3.   Menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi yang lain diketahui

E.   Tujuan Pengajaran
       1.   Siswa dapat menjelaskan dan menemukan dalil Pythagoras san syarat berlakunya
       2.   Siswa  dapat  menuliskan dalil Pythagoras untuk sisi-sisi segitiga
       3.   Siswa dapat menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi yang lain diketahui

F.   Sumber dan Media Pembelajaran
      1.   Buku Sumber 
      2.   Buku Kerja Siswa

G.   Strategi Pembelajaran

       Pertemuan Pertama :

       ▫   Model Pembelajaran    :   Pembelajaran langsung
       ▫   Metode Pembelajaran  :   Demonstrasi, Tanya jawab, tugas
       ▫   Pendekatan                  :   CTL

1.      Pendahuluan ( 10 menit )
      ◦   Apersepsi   :   Mengingatkan  kembali kuadrat dan akar  kuadrat bilangan,  serta  luas
                                 persegi dan luas segitiga siku-siku
      ◦   Motivasi     :   Apabila   materi  ini  dikuasai   dengan  baik  oleh   siswa,   maka akan 
                                 bermanfaaat  dalam  menyelesaikan  soal-soal  dan  dalam   kehidupan
                                 sehari-hari

2.      Kegiatan Inti ( 60 menit )
      ◦   Guru  mengingatkan kembali luas persegi dan luas segitiga siku-siku
      ◦   Guru   mendemonstrasikan    membuat    segitiga  siku-siku   pada   papan    berpetak
           kemudian membuat persegi pada ketiga sisinya
      ◦   Siswa disuruh mengukur panjang sisi persegi pada keliling segitiga dan mencari luas
           masing-masing persegi tersebut
      ◦   Guru memberikan soal-soal latihan
      ◦   Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
      ◦   Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes

3.      Penutup ( 10 menit )
      ◦   Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
             ◦   Memberikan tugas rumah
     



50



       Pertemuan Ke dua :

       ▫   Model Pembelajaran    :   Pembelajaran langsung
       ▫   Metode Pembelajaran  :   Demonstrasi, Tanya jawab, tugas
       ▫   Pendekatan                  :   CTL

1.      Pendahuluan ( 10 menit )
      ◦   Apersepsi   :   Mengingatkan  kembali luas persegi dan luas segitiga siku-siku
      ◦   Motivasi     :   Apabila   materi  ini  dikuasai   dengan  baik  oleh   siswa,   maka akan 
                                 bermanfaaat  dalam  menyelesaikan  soal-soal  dan  dalam   kehidupan
                                 sehari-hari

2.      Kegiatan Inti ( 60 menit )
      ◦   Membahas tugas rumah
      ◦   Guru mendemonstrasikan membuat segitiga siku-siku pada papan berpetak
           kemudian membuat persegi pada ketiga sisinya
      ◦   Siswa disuruh mengukur panjang sisi persegi pada keliling segitiga dan mencari luas
           masing-masing persegi tersebut
      ◦   Guru  membimbing  siswa  untuk  menemukan  hubungan  dari  masing-masing  luas
           persegi pada keliling segitiga siku-siku
      ◦   Guru memberikan soal-soal latihan
      ◦   Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
      ◦   Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes

3.      Penutup ( 10 menit )
      ◦   Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
             ◦   Memberikan tugas rumah

       Pertemuan Ketiga :

       ▫   Model Pembelajaran    :   Pembelajaran langsung
       ▫   Metode Pembelajaran  :   Demonstrasi, Tanya jawab, tugas
       ▫   Pendekatan                  :   CTL

1.      Pendahuluan ( 10 menit )
      ◦   Apersepsi   :   Mengingatkan  kembali tentang dalil Pythagoras
      ◦   Motivasi     :   Apabila   materi  ini  dikuasai   dengan  baik  oleh   siswa,   maka akan 
                                 bermanfaaat  dalam  menyelesaikan  soal-soal  dan  dalam   kehidupan
                                 sehari-hari

2.      Kegiatan Inti ( 60 menit )
      ◦   Guru  mengingatkan kembali tentang dalil pythagoras
      ◦   Guru mendemonstrasikan  mencari panjang sisi segitiga siku-siku  jika dua sisi  yang
           lain diketahui
      ◦   Beberapa siswa mendemonstrasikan mencari panjang sisi segitiga jika dua sisi  yang
           Lain diketahui
      ◦   Guru memberikan soal-soal latihan
      ◦   Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
             ◦   Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes

3.      Penutup ( 10 menit )
      ◦   Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
             ◦   Memberikan tugas rumah

H.   Penilaian
       1.   Jenis Tagihan
             Pertemuan 1   :   test
             Pertemuan 2   :   test
      Pertemuan 3   :   test




51





2.   Teknik
             Pertemuan 1   :   test harian
      Pertemuan 2   :   test harian
             Pertemuan 3   :   test harian

          3.   Bentuk Instrumen
             Pertemuan 1   :   Uraian
      Pertemuan 2   :   Uraian
             Pertemuan 3   :   Uraian

4.      Soal / Instrumen
Pertemuan 1 :
1.   Tentukan  kuadrat dari bilangan-bilangan berikut :
      a.   15                                           c.   26,57
      b.   2,4                                          d.    √3

2.   Tentukan akar kuadrat dari bilangan-bilangan berikut :
 a.   625                                        c.   38,3
 b.   235                                        d.   175,56

             3.   Sebuah persegi mempunyai panjang sisi 16 cm. Tentukan luas persegi tersebut !
             4.   Hitunglah luas persegi jika kelilingnya :
                   a.   100 cm                                    c.   76 cm
                   b.   60 cm                                     d.   2x cm

     5.   Segitiga ABC siku-siku di B. Hitunglah luas daerah segitiga itu jika :
                   a.   AB = 8 cm dan BC = 7 cm
                   b.   AB = 14 cm dan BC = 10 cm
                   c.   AB = a cm dan BC = b cm

             Pertemuan 2 :
1.      Pergunakan  dalil  Pythagora   untuk  menuliskan  persamaan-persamaan  tentang panjang sisi-sisi segitiga siku-siku berikut :
a.                                                 b.         
                                                                 k
                       a               c
                                                                                  l            m
                                    b
                    c.                                                  d.
                                                                               y                       x            
                                     p                 r                                  z  
                                              
                                           q





52

             Pertemuan 3 :
Pergunakan  dalil  Pythagoras   untuk  menuliskan  persamaan-persamaan  tentang panjang sisi-sisi segitiga siku-siku berikut :
1.                                                 2.         
                                                                 5
                       6               c
                                                                                  13         m
                                    8
                    3.                                                  4.
                                                                            12                        16            
                                   15                 r                                  z  
                                             
                                           9   









  Kritik dan Saran Kepala Sekolah :
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….

                                                                                                          Jakarta, 13 Juli 2009
                 Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 196 Jakarta                                                      Guru Mata Pelajaran




   Dra. Hj. Nenny Junaeni, MM                                                         Sulis Riyanto, S.Pd
   NIP : 130 632 551                                                                          NPTT : 01.04348




53


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            :   Matematika             Kelas / Semester          :   VIII/1
Jenjang                        :   SMP                        Alokasi Waktu            :    6 x 40 menit
====================================================================
A.   Standar Kompetensi
       3.   Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah

B.   Kompetensi Dasar
       3.2.   Memecahkan masalah pada bangun datar yang berkaitan dengan Teorema Pythagoras

C.   Indikator
       3.2.1.   Menghitung perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku istimewa
       3.2.2.   Menghitung  panjang  diagonal  pada  bangun datar, misal persegi, persegi panjang,
                   Belah ketupat, dsb

D.   Materi Ajar
       1.   Menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika sisi yang lain diketahui
       2.   Menentukan jenis segitiga berdasarkan  panjang sisi-sisinya
       3.   Menghitung  perbandingan  sisi-sisi segitiga siku-siku khusus (salah satu sudutnya 30°,                           
             45° dan 60°)
       4.   Menghitung panjang diagonal sisi dan diagonal ruang kubus dan balok
       5.   Menerapkan dalil Pythagoras dalam kehidupan nyata

E.   Tujuan Pengajaran
       1.   Siswa dapat menjelaskan dan menemukan dalil Pythagoras san syarat berlakunya
       2.   Siswa  dapat  menuliskan dalil Pythagoras untuk sisi-sisi segitiga

F.   Sumber dan Media Pembelajaran
      1.   Buku Sumber 
      2.   Buku Kerja Siswa

G.   Strategi Pembelajaran
      
       Pertemuan Pertama :

       ▫   Model Pembelajaran    :   Pembelajaran langsung
       ▫   Metode Pembelajaran  :   Demonstrasi, Tanya jawab, tugas
       ▫   Pendekatan                  :   CTL

1.      Pendahuluan ( 10 menit )
      ◦   Apersepsi   :   Mengingatkan  kembali tentang Teorema Pythagoras
      ◦   Motivasi     :   Apabila   materi  ini  dikuasai   dengan  baik  oleh   siswa,   maka akan 
                                 bermanfaaat  dalam  menyelesaikan  soal-soal  dan  dalam   kehidupan
                                 sehari-hari

2.      Kegiatan Inti ( 60 menit )
      ◦   Membahas tugas rumah
      ◦   Guru mendemonstrasikan mencari  panjang salah satu sisi segitiga siku-siku jika dua
           sisi yang lain diketahui  
      ◦   Guru   membimbing  siswa menyelidiki jenis segitiga siku-siku berdasarkan panjang 
           sisi-sisinya
      ◦   Beberapa  siswa  mendemonstrasikan  mencari  panjang  sisi  segitiga siku-siku jika
           dua sisi yang lain diketahui dan menyelidiki jenis segitiga tersebut
      ◦   Guru memberikan soal-soal latihan
      ◦   Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
      ◦   Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes





54



3.      Penutup ( 10 menit )
      ◦   Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
             ◦   Memberikan tugas rumah

       Pertemuan Ke dua:

       ▫   Model Pembelajaran    :   Pembelajaran langsung
       ▫   Metode Pembelajaran  :   Demonstrasi, Tanya jawab, tugas
       ▫   Pendekatan                  :   CTL

1.      Pendahuluan ( 10 menit )
      ◦   Apersepsi   :   Mengingatkan  kembali tentang Teorema Pythagoras
      ◦   Motivasi     :   Apabila   materi  ini  dikuasai   dengan  baik  oleh   siswa,   maka akan 
                                 bermanfaaat  dalam  menyelesaikan  soal-soal  dan  dalam   kehidupan
                                 sehari-hari

2.      Kegiatan Inti ( 60 menit )
      ◦   Membahas tugas rumah
      ◦   Dengan penggaris dan busur derajat, Guru mendemonstrasikan  mencari panjang sisi
           miring segitiga siku-siku jika segitiga  tersebut  dengan  sudut 30° , 45° dan 60°  dan
           membandingkan panjang ketiga sisi tersebut
      ◦   Beberapa  siswa  mendemonstrasikan  mencari  panjang  sisi  segitiga  siku-siku, jika
           segitiga tersebut dengan sudut 30° , 45° dan 60° kemudian membandingkannya
      ◦   Guru memberikan soal-soal latihan
      ◦   Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
      ◦   Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes

3.      Penutup ( 10 menit )
      ◦   Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
             ◦   Memberikan tugas rumah

       Pertemuan Ke tiga :

       ▫   Model Pembelajaran    :   Pembelajaran langsung
       ▫   Metode Pembelajaran  :   Demonstrasi, Tanya jawab, tugas
       ▫   Pendekatan                  :   CTL

1.      Pendahuluan ( 10 menit )
      ◦   Apersepsi   :   Mengingatkan  kembali tentang Teorema Pythagoras
      ◦   Motivasi     :   Apabila   materi  ini  dikuasai   dengan  baik  oleh   siswa,   maka akan 
                                 bermanfaaat  dalam  menyelesaikan  soal-soal  dan  dalam   kehidupan
                                 sehari-hari

2.      Kegiatan Inti ( 60 menit )
      ◦   Membahas tugas rumah
      ◦   Guru  mendemonstrasikan  mencari  panjang diagonal sisi, diagonal ruang kubus dan
           balok
      ◦   Beberapa  siswa  mendemonstrasikan  mencari  panjang  diagonal  sisi  dan diagonal
           ruang kubus dan balok
      ◦   Guru memberikan soal-soal latihan
      ◦   Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
      ◦   Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes

3.      Penutup ( 10 menit )
      ◦   Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
             ◦   Memberikan tugas rumah





55



       Pertemuan Ke Empat :

       ▫   Model Pembelajaran    :   Pembelajaran langsung
       ▫   Metode Pembelajaran  :   Demonstrasi, Tanya jawab, tugas
       ▫   Pendekatan                  :   CTL

1.      Pendahuluan ( 10 menit )
      ◦   Apersepsi   :   Mengingatkan  kembali tentang Teorema Pythagoras
      ◦   Motivasi     :   Apabila   materi  ini  dikuasai   dengan  baik  oleh   siswa,   maka akan 
                                 bermanfaaat  dalam  menyelesaikan  soal-soal  dan  dalam   kehidupan
                                 sehari-hari

2.      Kegiatan Inti ( 60 menit )
      ◦   Membahas tugas rumah
      ◦   Guru  menyajikan masalah dalam kehidupan sehari-hari
      ◦   Guru  membimbing  siswa  untuk  membawa masalah tersebut dalam bentuk segitiga
           siku-siku atau Teorema Pythagoras
      ◦   Beberapa   siswa   mendemonstrasikan   menyelesaikan  masalah  dalam   kehidupan
           nyata yang erat kaitannya dengan Teorema Pythagoras
      ◦   Guru memberikan soal-soal latihan
      ◦   Membahas soal-soal yang dianggap sulit oleh siswa
      ◦   Untuk mengetahui kemampuan siswa, maka diadakan post tes

3.      Penutup ( 10 menit )
      ◦   Membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
             ◦   Memberikan tugas rumah

H.   Penilaian
       1.   Jenis Tagihan
             Pertemuan 1   :   test
             Pertemuan 2   :   test
             Pertemuan 3   :   test
             Pertemuan 4   :   test
            
        2.  Teknik
             Pertemuan 1   :   test harian                           
             Pertemuan 2   :   test harian                                                   
             Pertemuan 3   :   test harian
             Pertemuan 4   :   test harian

       3.   Bentuk Instrumen
             Pertemuan 1   :   Uraian                                
      Pertemuan 2   :   Uraian                                                        
             Pertemuan 3   :   Uraian         
      Pertemuan 4   :   Uraian

4.      Soal / Instrumen
Pertemuan 1 :
Manakah yang merupakan segitiga siku-siku dari sisi-sisi segitiga berikut ?
a.   2, 3, 4                                           
b.   9, 40, 41                                       
c.   20, 21, 29
d.   25, 30, 40
e.   23, 264, 265











56





Pertemuan 2 :
Manakah  yang  merupakan  segitiga  lancip,  siku-siku  atau tumpul dari sisi-sisi di bawah ini ?
a.   4, 5. 7                                            d.   12, 15, 19
b.   6, 8, 10                                          e.   28, 45, 53
c.   7, 4, 8

Pertemuan 3 :
Diketahui koordinat titik A(3, 2) dan  B(4, -6). Dengan formula jarak tentukan jarak A ke titik B ! 


Pertemuan 4 :
1.      Sebuah belahketupat dengan keliling 40 cm. Jika panjang salah satu diagonalnya 16
cm.  Tentukan luas belah ketupat tersebut !                                 

2.      Sebuah trapesium sama kaki dengan panjang 13 cm. Jika panjang dua sisi sejajar
Masing-masing 20 cm dan 30 cm, tentukan luas trapesium tersebut !




Kritik dan Saran Kepala Sekolah :
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………….
                                                                                                          



                                                                                                         Jakarta, 13 Juli 2009
                 Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 196 Jakarta                                                      Guru Mata Pelajaran




   Dra. Hj. Nenny Junaeni, MM                                                         Sulis Riyanto, S.Pd
   NIP : 130 632 551                                                                          NPTT : 01.04348









57

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar