Rabu, 27 Juni 2012

Ranah Kognitif (menurut taksonomi Bloom)


 Ranah Kognitif (menurut taksonomi Bloom):  pengetahuan (C1), pemahaman (C2), aplikasi (C3), analisis(C4), sintesis (C5), dan evaluasi (C6).  
Pada tingkat pengetahuan:  peserta didik menjawab pertanyaan berdasarkan hapalan saja.  (Soal pengetahuan : soal yang menuntut jawaban yang berdasarkan hafalan) 
Pada tingkat pemahaman:  peserta didik dituntut untuk menyatakan masalah dengan kata-katanya sendiri, memberi contoh suatu prinsip atau konsep.  (Soal pemahaman : soal yang menuntut pembuatan pernyataan masalah dengan kata-kata penjawab sendiri, pemberian contoh prinsip atau contoh konsep) 
Pada tingkat aplikasi:  peserta didik dituntut untuk menerapkan prinsip dan konsep dalam suatu situasi yang baru.  (Soal aplikasi : soal yang menuntut penerapan prinsip dan konsep dalam situasi yang belum pernah diberikan) 
Pada tingkat analisis:  peserta didik diminta untuk menguraikan informasi ke dalam beberapa bagian, menemukan asumsi, membedakan fakta dan pendapat, dan menemukan hubungan sebab dan akibat.(Soal analisis : soal yang menuntut uraian informatif, penemuan asumsi pembedaan antara fakta dan pendapat, dan penemuan sebab akibat) 
Pada tingkat sintesis:  peserta didik dituntut menghasilkan suatu cerita, komposisi, hipotesis, atau teorinya sendiri, dan mengsintesiskan pengetahuan.  (Soal sintesis : soal yang menuntut pembuatan cerita, karangan, hipotesis dengan memadukan berbagai pengetahuan atau ilmu)
Pada tingkat evaluasi:    peserta didik mengevaluasi informasi, seperti bukti sejarah, editorial, teori-teori, dan termasuk di dalamnya melakukan  judgement terhadap hasil analisis untuk membuat kebijakan.  (Soal evaluasi : soal yang menuntut pembuatan keputusan dan kebijakan , dan penentuan “nilai” informasi) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar