Kamis, 10 Mei 2012

GEOBOARD( Papan Berpaku)


LEMBAR KERJA SISWA
Kelas : 3 SD
Pokok bahasan : Menentukan Keliling dan Luas persegi dan persegi panjang dengan Menggunakan Geoboard (papan berpaku)

Rasional:
-       LKS ini didukung dengan media Geoboard (papan berpaku) untuk memudahkan siswa mengenali atau memahami konsep keliling dan luas persegi dan persegi panjang tanpa menggunakan rumus umum bangun datar.

Tujuan:
-       Siswa mampu menemukan keliling dan luas persegi dan persegi panjang dengan menggunakan papan berpaku(Geoboard)
-       Setelah siswa memahami konsep keliling dan luas persegi dan persegi panjang dengan menggunakan media papan berpaku(geoboard)  siswa akan mampu menerapkan rumus keliling dan luas persegi dan persegi panjang pada umumnya.
Petunjuk
1.    Dalam mengerjakan LKS, terlebih dahulu siswa dibimbing oleh guru dalam menggunakan geoboard
2.    Geoboard yang dilengkapi dengan tali atau karet, diletakkan di depan kelas bisa digantung atau diletakkan di meja, kemudian guru menunjuk salah satu siswa untuk membentuk persegi dan persegi panjang di atas geoboard lalu menggambarkannya di papan berpetak atau di kertas berpetak. Dengan dibimbing oleh guru, siswa menemukan keliling dengan cara menghitung jumlah paku yang ada dipinggir area/wilayah yang telah dibentuk dan menemukan luas area dengan cara menghitung jumlah kotak yang terbentuk dalam area tersebut.
Seperti berikut:
berdasarkan gambar geoboard di samping, terdapat persegi panjang dengan panjang 3 cm dan lebar 2 cm.
Description: C:\Users\Dokter\Downloads\Untitled.jpg
Berdasarkan petunjuk dari guru, dengan mengitung jumlah paku yang ada, siswa dapat menemukan keliling persegi panjang panjang tersebut yaitu 10 cm dan luasnya dengan cara menghhitung jumlah kotak yang terbentuk dalam area tersebut yaitu sebanyak 6 kotak atau bisa disebut dengan 6 cm2.

3.    Bacalah dengan baik lembar kegiatan ini, kemudian diskusikan dengan teman sebangkumu dalam menemukan keliling dan luas bangun datar yang terdapat di dalam area/wilayah tali yang terbentuk di atas geoboard serta gambarkan bangun datar yang terbentuk di kertas berpetak masing-masing kelompok dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada.
4.    Gunakan geoboard secara bergantian
5.    Tulis Nama anggota kelompok dan kelas pada tempat yang telah disediakan.
6.    Laksanakan pekerjaan anda sesuai dengan petunjuk yang diberikan.





Nama             :_________________
Kelas              :_________________


Soal
1.    Temukan keliling dan luas persegi berikut dengan menggunakan papan geoboard yang diketahui panjang sisinya adalah:
a.    2 cm          Kelilingnya =                                    Luasnya=
b.    5 cm          Kelilingnya =                                    Luasnya=
c.    3 cm          Kelilingnya =                                    Luasnya=
d.    6 cm          Kelilingnya =                                    Luasnya=
e.    4 cm          Kelilingnya =                                    Luasnya=

2.    Temukan keliling dan luas persegi panjang berikut dengan menggunakan papan geoboard yang diketahui panjang dan lebarnya adalah:
a.    Panjang(P) = 3 cm dan lebar(l) = 2 cm
Kelilingnya =                              Luasnya=
b.    Panjang(P) = 3 cm dan lebar(l) = 1 cm
Kelilingnya =                              Luasnya=
c.    Panjang(P) = 5 cm dan lebar(l) = 2 cm
Kelilingnya =                              Luasnya=
d.    Panjang(P) = 2 cm dan lebar(l) = 1 cm
Kelilingnya =                              Luasnya=
e.    Panjang(P) = 4 cm dan lebar(l) = 2 cm
Kelilingnya =                              Luasnya=

Soal tantangan:
Temukan panjang dan lebar persegi panjang yang diketahui luasnya:
a.    8 cm2                                           b. 6 cm2                              c. 12 cm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar